Info sepedahan

What time is it

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 25 Juli 2011

Nggwes yoo

Nggowes alias Bersepeda Mengenang masa lalu


Bersepeda/Gopries82 Galery
Keliling dengan mengayuh sepeda ( Pit-pit-an ) merupakan kegiatan baru saya pada awal bulan Februari 2010 di Kota Tegal, meskipun sebelumnya pernah saya lakukan pada waktu masih duduk di sekolah SMP sampai SMA di Kota Ngawi. Saat itu, bersepeda ( ngonthel sepeda ) dilakukan untuk keperluan sekolah/ ngilmu karena sarana transportasi kendaraan bermesin sangatlah kurang. (di kampung saya hanya beberapa orang yang mempunyai bron pit / sepeda motor).

Ketika tamat sekolah (lulus dari SMA), Yogyakartalah yang menjadi pilihan saya untuk melanjutkan sekolah (kuliah) .....mengapa.? karena .disana ada kakak yang sedang Golek Ilmu (kuliah). Lha di yogya (kota pelajar) inilah saya sangat - sangat terkesan pada komunitasnya dimana saja tempatnya, disitu pelajar dan mahasiswa adanya. (boleh dikata orang tua/bekerja tidak kelihatan). Saat itu...yang namanya jalan lalu - lintas tidak seramai sekarang penuh dengan kendaraan bermesin bahkan macet yang kita temui, dan sudah banyak mengandung gas buang dari asap knalpot dan cerobong asap pabrik - pabrik industri. (Polusi akibat gas buang yang mengandung CO2). Tidak sebersih saat itu.

Ngayogyakarta hadiningrat, kota pelajar dan seni budaya paling mengesankan ketika saya melihat pejalan kaki, pengonthel sepeda dengan membawa tas dipundhaknya. masak iya si mas? he..he..he coba tanya sesepuh...

Gopries82 Galery

Di kota Yogya yang kaya dengan adat budayanya, ketika ada pertunjukan wayang kulit di Siti Hinggil Kraton Ngayogyakarto, saya berdua dengan Mas Windu (nama samaran rekan sekampus) berponcengan dan bergantian mengayuh (ngonthel) sepeda dari Kampus Bulak Sumur menuju Kraton melewati Malioboro dengan tujuan nonton pertunjukan wayang kulit. Di sini mengesankan sekali ketika selesai nonton udah pada ngantuk ngonthel lagi. Ditengah perjalanan tepatnya jalan Bayangkara ada “Angkringan” yaitu warung kaki lima di pinggir jalan yang berjualan nasi kucing, gorengan, dengan minuman penghangat badan wedang jahe, rondhe, kopi dan lain-lain. Di angkringan ini kita berdua mampir (ngopi dulu ah...biar nggak ngantuk). Mak nyuuuus.... uenak Nasi kucingnya, tempe dan tahu bacemnya, itulah kadang menjadikan / membuat kangen... oohh yogya aku rindu.
Nggowes yoo Gopries82 Galery


Oleh : Prihatanto

Comments :

0 komentar to “Nggwes yoo”

Posting Komentar

Perahu Layar , Lukisan

 

Copyright © 2009 by Back to Nature

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger